Posted in artikel kesehatan

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Mengkonsumsi Antibiotik

Antibiotik disarankan hanya diminum dengan air, karena apabila Anda mengonsumsinya dengan jus buah atau produk-produk susu maka akan memberikan efek buruk bagi tubuh. Di luar itu, ada pula beberapa Makanan Yang Harus Dihindari Saat Mengkonsumsi Antibiotik.

makanan-yang-harus-dihindari-saat-mengkonsumsi-antibiotik

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Mengkonsumsi Antibiotik | Obat yang kita makan dapat diserap oleh tubuh, akan tetapi efeknya bisa tergantung dari apa yang kita telan bersama obat. Obat antibiotik juga sebaiknya dikonsumsi bersama makanan yang tepat, agar zat antibiotik dapat diserap dengan baik.

Makanan atau minuman dapat berinteraksi dengan obat dengan tiga cara, yaitu : menghalangi penyerapan, menurunkan jumlah zat yang diserap dan mempengaruhi pemecahan zat kimia obat.

Berikut makanan yang dilarang dimakan saat mengkonsumsi antiobiotik :

  • Makanan asam

Makanan pertama yang harus dihindari selama mengonsumsi antibiotik adalah makanan yang mengandung kadar asam tinggi. Jeruk, tomat dan mangga adalah beberapa contoh makanan yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap antibiotik.

  • Produk susu

Kecuali yoghurt, produk susu atau produk olahan susu lainnya harus dihindari selama mengonsumsi antibiotik. Makanan seperti susu dan keju mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi yang akan mencegah penyerapan antibiotik. Namun, yoghurt yang mengandung probiotik tidak memiliki pengaruh dalam proses penyerapan antibiotik.

  • Alkohol

Tidak hanya selama mengonsumsi antibiotik, alkohol juga harus dihindari ketika Anda sedang mengonsumsi obat apapun. Zat-zat yang terkandung di dalam alkohol memiliki efek yang mengerikan pada tubuh, yang akan merusak fungsi obat tersebut. Alkohol adalah salah satu minuman yang wajib dihindari selama mengonsumsi antibiotik.

  • Makanan berserat

Makanan berserat juga harus dihindari karena mengandung zat yang akan memperlambat penyerapan antibiotik di dalam tubuh. Antibiotik membutuhkan waktu tersendiri untuk dipecah di dalam perut dan jika Anda mengonsumsi makanan berserat tinggi maka antibiotik tidak akan bereaksi dengan baik dengan sistem tubuh Anda.

  • Kopi

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi juga harus dihindari ketika mengonsumsi antiobiotik. Kafein akan menjadi racun ketika tubuh sedang menjalani pengobatan dengan antibiotik.

  • Makanan lain

Hindari juga makanan yang mengandung zat besi dan kalsium dalam jumlah yang tinggi. Makanan-makanan tinggi zat besi atau kalsium ini harus dihindari karena sifatnya yang akan mengganggu penyerapan antibiotik.

Baca Juga : Makanan Yang Dapat Membersihkan Usus Secara Sempurna

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga artikel mengenai Makanan Yang Harus Dihindari Saat Mengkonsumsi Antibiotik ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru anda. Jangan lupa untuk terus kunjungi situs agen resmi Koloklin Capsule ini untuk mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya.

| Makanan Yang Harus Dihindari Saat Mengkonsumsi Antibiotik |

Leave a comment