Posted in artikel kesehatan

Makanan Yang Dapat Membersihkan Usus Secara Sempurna

Proses pembersihan usus dapat dilakukan dengan cara alami. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang mampu membantu mengeluarkan racun dari dalam usus. Untuk itu anda wajib mengetahui Makanan Yang Dapat Membersihkan Usus Secara Sempurna

makanan-yang-dapat-membersihkan-usus-secara-sempurna

Makanan Yang Dapat Membersihkan Usus Secara Sempurna — Kesehatan usus harus benar-benar dijaga dengan baik. Usus merupakan salah satu organ sistem perncernaan yang bisa saja menjadi kotor. Karena sebagai tempat menyimpan kotoran atau sisa-sisa makanan yang dikonsumsi, maka tak heran jika saluran usus bisa berubah menjadi kotor. Seperti halnya sebuah saluran selang, yang semakin lama dialairi oleh air, maka selang tersebut akan menjadi berlumut. Begitu juga dengan usus, semakin lama maka kerak ini akan terbentuk.

Dan tahukah anda, ketika usus sudah berketak dengan sisa-sisa kotoran, maka kerak tersebut menjadi penyebab utama dari munculnya beragam penyakit. Mulai dari kanker usus, dan beberapa jenis penyakit kronis lainnya. Selain itu, usus yang kotor juga memicu terjadinya penyakit pada sistem pencernaan.

Kerak usus tersebut bisa terjadi pada siapa saja, terutama bagi mereka yang hobi menyantap makanan berlemak tinggi. Sementara, lemak dan kolestrol akan membuat saluran usus menjadi lebih kotor. Untuk membersihkan saluran usus, kita bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan khusus, sehingga kondisi usus dalam tubuh akan tetap sehat.

Perlu anda ketahui, makanan olahan ataupun makanan cepat saji ternyata sangat minim akan nutrisi  sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun tak bisa dipungkiri, banyak orang yang lebih hobi menyantap makanan jenis ini, karena lebih simpel disaat kondisi sedang lapar. Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan berlebih, ternyata akan berdampak buruk pada kesehatan pencernaan, terutaman pada organ usus. Yang mana semuanya itu lama-kelamaan kotoran atau kerak akan terus menumpuk dalam usus. Untuk itu anda perlu mengkonsumsi makanan yang bisa membersihkan semua kotoran dalam usus.

Makanan Pembersih Usus

  • SAYURAN HIJAU

Tekstur sayur mayur yang berserat dapat membersihkan usus Anda dari racun dan kotoran yang menempel di dinding. Sayuran juga mengandung mineral dan antioksidan yang dapat membantu tubuh melindungi diri dari racun. Sayuran lebih baik baik dimasak dengan cara direbus (dijadikan lalapan), jika ingin ditumis atau digoreng gunakan minyak zaitun agar menambah nutrisi dari keduanya.

  • PSYLLIUM HUSK

Psyllium husk atau yang lebih dikenal dengan nama plantago ovata merupakan tanaman herbal yang tumbuh di India. Tumbuhan ini didaulat kaya serat dan dapat menurunkan kolesterol pada tubuh. Cara mengonsumsinya dengan menuangkan segelas air panas ke dalam mangkuk berisi psyllium husk, lalu diamkan beberapa saat, beri taburan sedikit garam, lalu siap disantap.  Jangan lupa untuk menyediakan air minum secukupnya, karena tumbuhan ini kaya serat dan Anda mungkin akan sedikit susah menelannya.

  • CHIA SEED

Chia seed merupakan biji-bijian organik yang sedang populer untuk santapan diet, karena bermanfaat untuk detoks pencernaan. Rasa chia seed sendiri cenderung hambar, dan untuk menyantapnya, Anda perlu merendamnya di dalam susu atau air selama beberapa menit, dan bisa juga dengan mencampurkannya dengan makanan lain seperti yoghurt atau oatmeal.

  • LADA CAYENNE

Bagi Anda penggemar makanan pedas tetapi tetap ingin pencernaan Anda sehat, lada cayenne jawabannya. Bahan makanan ini adalah senyawa pedas yang dapat membantu melancarkan pencernaan di tubuh. Makanan ini juga didapuk dapat mencegah serangan jantung.

  • MAKANAN YANG DIFERMENTASI

Makanan yang difermentasi mengandung bakteri menguntungkan. Makanan fermentasi cenderung memiliki sedikit rasa asam. Contohnya adalah kimchi, tape, dan yoghurt.  Makanan ini membantu mendukung bakteri usus mengeluarkan kotoran dari asupan makanan yang tidak sehat dalam tubuh.

  • BUAH-BUAHAN

Buah memang kaya manfaat bagi tubuh dari ujung kaki sampai kepala. Ada beberapa buah yang dapat membersihkan usus Anda, antara lain lemon yang kaya vitamin C dengan antioksidan tinggi pastinya akan membuat tubuh segera mengeluarkan kotorannya. Ada juga buah alpukat yang kaya akan omega 3 dengan manfaat mencegah perkembangan racun di dinding usus.

  • VARIAN TEH

Kefir adalah sejenis tanaman yang dapat dijadikan minuman teh. Seperti yogurt, kefir merupakan produk yang difermentasi yang mengandung oligosaccharides, karbohidrat kompleks yang menjadi makanan untuk  bakteri baik serta menjaga mikroorganisme kecil untuk meningkatkan  sistem kekebalan tubuh. Selain itu ada teh kombucha, teh manis yang difermentasi menggunakan kandungan berupa gelatin yang bernama kombucha, kedua teh ini dapat membersihkan usus dari kuman dan bakteri.

  • AIR PUTIH

Nah, yang satu ini wajib hukumnya. Usus yang dehidrasi secara terus-menerus dapat menyebabkan sembelit, kondisi yang akan menyebabkan penumpukan racun dalam usus besar. Inilah sebabnya mengapa pentingnya minum air putih yang cukup.

Baca Juga : Hal-Hal Yang Membuat Mengantuk Setelah Makan

Itu dia sederet Makanan Yang Dapat Membersihkan Usus Secara Sempurna. Selain dengan mengkonsumsi makanan-makanan diatas, untuk membersihkan usus secara alami anda juga bisa mengkonsumsi salah satu produk unggulan kami yakni Koloklin Capsule yang merupakan obat herbal terbaik untuk mengatasi segala macam permasalahan pada sistem pencernaan yang salah satunya dapat membersihkan usus dengan cepat tanpa menimbulkan efek samping. Untuk anda yang berminat, silahkan pesan pada kami dengan menghubungi nomer kontak yang ada disebelah kanan halaman ini.

| Makanan Yang Dapat Membersihkan Usus Secara Sempurna |

Leave a comment